Pages,pages

Sabtu, 14 Januari 2012

Cara Root dan Instal XRecovery SE Xperia X8

6
Sebenernya niat awal adalah mau update baseband sama Enclair  biar keren eh ndak nding tapi biar bisa diinstal Froyo ato GB. Ada 2 pilihan cara untuk upgrade ini alien, yang pertama via SEUS yang online, dan kedua via flashing biasa manual. Berhubung koneksi dewa lagi ngambek ya udah flashing secara offline aja deh
Langkah pertama donglot file2nya gitu. Setelah persiapan selesai tinggal flash manual. Eh oh..baru sampai setengah jalan proses malah terhenti . Dengan perasaan yang deeg2duer saya coba hidupkan, dan cuma bergetar aja. Waduh..mati..mati..mati..Shakiraku matek.
Yap..bener sekali..yang didapat malah mati suri, alias  tu hape ga menyala. Jadi cuma bergetar sekali doang..Karena udah malam dan ngantuk beud akhirnya tertidur deh.
Subuh terbangun dan melanjutkan misi menghidupkan ponsel. Kali ini dengan bantuan dragon ball kaskus akhirnya bisa menyala juga. Enclair versi Rusia yang saya pakai kali ini. Kata diporum2 sih kl cuma diflash2 ga bakalan matot.Kesalahan yang kulakukan sehingga mematikan ponsel adalah ketika memencet tombol backnya langsung ku lepas sebelum proses selesai..mungkin.

OK…upgrade baseband udah selesai, kini saatnya root aka rooting sebelum instal x recovery. Saya menggunakan SuperOneClick atau sering orang menyebut SOC. Karena ini saya anggap paling mudah. Untuk file2nya siapkan bahan2 seperti berikut :
Langkah2nya :
  1. Ekstrak file SOC  yang sudah anda donglot tadi. Ingat drivers x8 harus sudah terinstal yah.
  2. Buka/Klik file SOC exe-nya, itu lho yang icon androidnya.
  3. Sebelumnya centang usb debuging  pada ponsel, masuk setting-application-development-usb debugging
  4. Kl udah terbuka programnya SOC silahkan konekkan X8 anda menggunakan kabel data ke komputer.
  5. Nanti dilayar x8 ada notifikasi mount sd card, tekan back aja.
  6. Kembali ke program SOC, klik ROOT.
  7. Proses rooting akan berjalan kurang lebih 2-3menit sampai akan ada pemberitahuan “Device is Rooted!”
  8. Kl ga mau konek ato waiting for device ato rooting failed ato ada masalah lain, reboot komputer sama x8 anda.
  9. Selamat x8 anda sudah ter-root dengan baik.
Itu tadi cara rooting, sekarang menginjak ke acara selanjutnya yaitu instal x recovey. Hmm..sebenernya buat apa sih kudu instal x recovey ? OK..saya jelaskan dikit buat apa itu x recovey.
X Recovey ini berguna untuk mengembalikan data, ya iyalah namanya kan recovery. Data disini yang dimaksud adalah OS alias Android yang sudah diback up. Jadi kalo kita instal ROM terus error ga mau nyala ato booting gagal maka kita tinggal aja recovery. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga berfungsi untuk gonta-ganti pasangan ROM Android.  Udah taukan fungsi aplkasi ini. Terus bagaimana cara instal di Androidnya.
Cara Instal X Recovery
  1. X8 Udah ter-Root
  2. Ekstrak file x Recovery terus copy ke Micro Sd X8
  3. Instal Root Explorer diatas di X8
  4. Buka Root Explorer kemudian cari file X Recovery tadi  copy-kan semua ke dalam folder system-bin
  5. Pastikan pada atas aksesnya dignti jadi R/W dari R/O
  6. Ubah permision ketiga file tadi dengan cara klik tahan pada file yang mau diganti permisionnya, centang semua.
  7. Selamat x8 anda telah terinstal X Recovery dengan selamat..
Untuk dapat masuk ke aplikasi x recovery silahkan restart ponsel anda kemudian saat tulisan Sony Ericsson muncul silahkan pencet berulang2 tombol back, nanti akan ada beberapa pilihan. Huftt…selesai juga sharing tentang bagaimana root dan instal recovery. Untuk bagaimana cara ganti Androidnya ke Gingerbread ato Froyo atau yang lain nantikan di episode berikutnya..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar